Tips Ampuh Content Marketing yang Bisa Dipakai Untuk Bisnis Kecil

content marketing

Content marketing adalah cara yang dapat digunakan untuk membantu bisnis dalam menemukan pelanggan dan membangun nilai produk dan jasa dalam waktu yang bersamaan. Berikut adalah tips menempatkan content marketing dalam bisnis.

Mengapa content marketing penting untuk bisnis kecil?

Content marketing sangat penting untuk membantu pelanggan dalam mengambil keputusan terakhir mereka. Bahkan jika Anda mendapatkan sebagian besar pelanggan dari kontak pribadi, referral dan rekomendasi, orang-orang yang mungkin ingin melakukan bisnis dengan Anda akan pergi online untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan apa yang Anda jual sebelum mereka membuat keputusan untuk membeli.

Baca juga: 10 Tools Praktis Untuk Menganalisa Social Media Content

Content marketing biasanya berisi informasi untuk menjual suatu produk bukan memaksa orang untuk membeli. Tapi semua informasi yang ada tidak akan berguna jika tidak dapat ditemukan oleh pelanggan pada mesin pencari. Untuk mendapatkan konten yang mudah ditemukan, Anda harus mempromosikannya. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan konten bisnis.

1. Memiliki halaman pendaftaran email atau call to action lainnya yang mengharuskan orang untuk memberikan informasi kontak pada setiap halaman website Anda.

2. Pastikan kartu bisnis Anda memiliki link ke website dan juga termasuk link untuk mendaftar newsletter atau mailing list. (link untuk pendaftaran bisa diletakkan dibagian depan ataupun di belakang)

3. Kirimkan newsletter atau mailing list lainnya minimal untuk menginfomasikan penawaran spesial, foto apa yang Anda jual, atau informasi lainnya yang menarik perhatian pembaca. (Foto, video, kupon, infografis, dan klip audio semuanya adalah “konten”, asalkan mengandung sesuatu yang membuat pembaca ingin tahu atau memilikinya).

4. Buat post ringkasan singkat atau teaser dari konten Anda pada halaman media sosial dan beri link ke website untuk membaca dokumen secara lengkap. Selain itu, Anda bisa menyediakan menu download konten dengan mengharuskan seseorang untuk memasukkan alamat email mereka. Kemudian tambahkan nama mereka ke dalam mailing list Anda atau autoresponder untuk menindaklanjuti atau mengirimi mereka informasi tambahan dan call to action.

5. Pasang iklan di mesin pencari dan situs sosial untuk mempromosikan konten Anda. Iklan online akan bekerja dengan baik jika Anda menjual produk atau layanan yang baik pula atau paling tidak banyak pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda.

6. Buat brosur untuk dibagikan ketika ada acara seminar atau pertemuan untuk mempromosikan konten di website Anda.

7. Menawarkan diri sebagai pembicara di kelompok-kelompok tertentu atau industri dan berikan sebuah hadiah yang mengandung konten Anda (ebook, white paper, atau penawaran khusus untuk peserta) dengan cara memberikan informasi kontak mereka.

8. Buat press release yang merangkum beberapa konten Anda dan sertakan link untuk download laporan lengkapnya, kemudian sebarkan ke media sosial, bloggers, dan website yang sedang membicarakan tentang bisnis Anda.

Content marketing bukanlah pengganti untuk pemasaran lainnya. Tetapi jika Anda membuat conten marketing yang baik dan fokus pada bagaimana konten tersebut ditemukan, hal itu dapat membantu untuk mendapatkan banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *