Strategi Penjualan: Begini Cara Ampuh Memberi Harga pada Produk

label harga

Ketika kita memulai bisnis, pertanyaan pertama yang harus kita jawab adalah bagaimana menentukan harga sebuah produk? Jika harga produk terlalu tinggi, itu tidak akan laku. Sebaliknya, jika harga produk terlalu rendah, kita akan mendapatkan margin keuntungan yang kecil. Jadi, dalam menentukan harga produk yang “pantas” memerlukan beberapa pertimbangan berikut:

  • Harga produk harus bisa menutup biaya produksi
  • Sorot nilai yang ingin kita berikan kepada pelanggan
  • Ambil keuntungan yang wajar
  • Tetap kompetitif

Tidak ada harga yang sempurna. Ini semua tentang bagaimana mengembangkan harga yang ‘pantas’ sehingga pelanggan bersedia membayar, dan juga memberikan kita keuntungan. Ingat, keuntungan adalah bagaimana kita menjaga nilai dalam bisnis. Menentukan harga memberikan efek pada setiap bisnis karena harga digunakan untuk membuat proyeksi penjualan, menetapkan break-event point, dan menghitung keuntungan.

Ada tiga cara untuk menentukan harga produk yang baik dan benar:

1. Lihat kompetisi

Gunakan harga pesaing kita sebagai titik acuan. Jika produk kita memiliki kualitas lebih baik, dan bisa memberikan manfaat lebih, maka kita mungkin bisa menetapkan harga yang lebih tinggi. Tujuannya adalah harus tetap kompetitif.

2. Hitung total biaya produksi

Ini harus mencakup semua biaya (tenaga kerja, bahan/persediaan, kemasan, pengiriman). Kita juga harus menyertakan presentase biaya overhead seperti (hukum, akuntansi, pemasaran, dan biaya administrasi). Setelah kita merinci semua biaya, selanjutnya adalah menentukan margin keuntungan yang kita inginkan untuk menentukan harga akhir. Margin keuntungan tergantung pada apa yang kita jual, bisa mulai dari 30 persen hingga 300 persen.

3. Ini semua tenang persepsi nilai

Persepsi nilai adalah salah satu faktor paling umum yang digunakan pemilik bisnis untuk menentukan harga produk. Faktor utama yang memberikan nilai tambah sebuah produk adalah merek dibelakanganya. Banyak toko menjual mixers, tetapi jika kita memiliki Kitchen Aid mixer, kita bisa menjadi yang teratas untuk lini produk mesin. Mengapa begitu? Semua mixers pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Ini semua tentang persepsi nilai. Kitchen Aid mixer memiliki nilai yang dianggap lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *