Strategi Penjualan: 5 Cara Terbaik Mendapatkan Banyak Pelanggan!

Strategi penjualan

Untuk mendapatkan banyak transaksi penjualan saat ini bukan lagi tentang bagaimana cara menjual, tapi tentang bagaimana mendapatkan pelanggan untuk membuat keputusan membeli. Pelanggan saat ini jauh lebih cerdas dalam mengontrol keputusan pembelian mereka dibanding sebelumnya, dengan banyaknya alternatif dan informasi yang tersedia secara online, serta akses interaktif ke sumber terpercaya melalui media sosial. Mereka tidak ingin didorong ke penjualan, tapi mereka lebih senang memakai apa yang mereka anggap penting.

Jadi, sangat penting bagi penjualan dan pemasaran menghabiskan lebih banyak waktu untuk memahami apa yang memotivasi keputusan pelanggan mereka saat ini. Ini berarti Anda harus lebih fokus pada proses pembelian pelanggan daripada proses penjualan pelanggan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan yang membeli.

1. Dapatkan pandangan dari pelanggan pertama dengan berbicara kepada orang-orang nyata

Dengan media sosial yang interaktif, pelanggan ingin memberikan masukan, perusahaan tidak perlu lagi membuat panel pelanggan mahal dan riset pasar untuk mendapatkan perspektif pelanggan yang benar. Sangat penting untuk melakukan hal ini lebih awal dan terus menerus, karena kebutuhan dan motivasi berubah dengan cepat.

2. Buat struktur proses penjualan berdasarkan langkah pembelian pelanggan

Ganti langkah proses penjualan Anda dengan langkah tindakan pelanggan. Terus mendorong untuk lebih spesifik pada langkah yang diikuti pelanggan, seperti mencari rekomendasi teman, scanning untuk ulasan yang baik dan memeriksa dampak terhadap lingkungan.

3. Membuat kolaborasi penjualan daripada penjualan tunggal

Dengan online tools saat ini, biarkan pelanggan melihat dan mendengar dari dukungan organisasi Anda, pemasaran dan top executives. Pelanggan perlu merasa seperti bergabung dengan sebuah tim yang memiliki dukungan daripada negosiasi kesepakatan khusus.

4. Mengidentifikasi poin keputusan tertentu dan demografi pembeli

Demografi pembeli perotangan tidak bisa menjadi judul yang umum, seperti ibu, pemilik atau oerganisasi. Dengan bantuan tools analisis, Anda bisa melihat lebih dalam pada setiap pelanggan untuk budaya, umur, gaya hidup, dan ekspektasi pengalaman pembeli. Menjual ke profil yang salah bisa menyebabkan kehilangan penjualan.

5. Mengidentifikasi hubungan penting dibalik keputusan pelanggan dalam membeli

Hubungan konsultan yang terpercaya dan pribadi lebih penting daripada harga dan perbandingan fitur. Hal ini bahkan berlaku dengan eksekutif perusahaan, serta keputusan konsumen individu. Hubungan ini mungkin dari kelompok dukungan, influencer online atau pakar industri.

Cara lain untuk mempercepat proses pembelian pelanggan dan meningkatkan kredibilitas Anda adalah dengan memahami pelanggan dengan baik sehingga Anda bisa mengatasi potensi masalah yang ada secara efektif. Ini termasuk mengenali bahwa Anda memiliki kompetisi dan menggunakan kompetitor untuk menyoroti kelebihan Anda.

Selain itu, terus menindaklanjuti cara ini dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dalam lingkungan komunikasi terbuka saat ini, setiap pelanggan yang puas bisa membawa 4-6 pelanggan dengan kredibilitas yang sudah terbangun tanpa menjual apapun. Selain itu, peluang cross-selling dan up-selling jauh lebih menguntungkan daripada hanya fokus pada akuisisi pelanggan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *