Mudah! Ini Dia 5 Cara Mengembangkan Bisnis Kecil

picjumbo

Bisnis kecil selalu ingin dikenal dengan cepat. Dengan sumber daya yang terbatas pada saat memulai bisnis, beberapa tips efektif untuk meningkatkan brand awareness terkadang juga tak mempan untuk mendorong tumbuhnya bisnis kecil.

Untuk itu saat iniĀ kami akan menghadirkan cara growth hacking bisnis kecil untuk membangun clinet base dan mendorong perkembangan bisnismu.

  1. Akses KontrolĀ Mungkin pada awalnya terdengar berlawanan, namun membatasi orang-orang yang bisa mengakses situsmu di masa-masa awal bisnis bisa meningkatkan reach/jangkauan. Platform raksasa seperti Facebook dan Pinterest dimulai dengan situs yang invite-only. Beberapa website berita juga menerapkan strategi ini, akses penuh untuk membaca berita/artikel hanya bagi para subscribers. Akses yang eksklusif seperti ini mendorong orang untuk sign-up agar tetap up-to-date dan stay in the loop.

3522809727_d619e547be_z

Tentukan area website mana yang bisa diakses oleh publik dan mana yang member-only. Siapkan konten-konten terbaik tersedia untuk semua orang, tapi buat konten yang lebih tinggi valuenya untuk area eksklusif. Buat para klienmu untuk bergabung dan menyebarkannya ke teman-teman mereka.

  1. Menjadi Host Webinar Hosting webinar membantu bisnismu bertumbuh dalam berbagai bentuk. Semua orang menyukai konten yang berkualitas dan cuma-cuma, jadi kamu bisa menarik banyak minat melalui ini. Webinar juga memberikanmu sebuah platform sempurna untuk membangun imejmu sebagai seorang expert. Finally, dengan meminta mereka sign-up agar mendapatkan tempat, kamu akan mendapat daftar email untuk kebutuhan marketing di kemudian hari.

Mulai dengan memilih topic untuk sesi webinarmu. Contohnya, sebuah brand makanan dan aksesoris hewan peliharaan sebaiknya hosting webinar dengan tema seperti tips untuk menjaga kandang anjing tetap bersih, atau cara memilih makanan yang tepat untuk kucing, dsb.

  1. Menawarkan Giveaway/kontes Giveaways atau kontes bisa dibilang lebih mudah dan less work daripada webinar, karena tidak perlu merencanakan konten. Cara ini juga menjadi strategi bagus untuk menunjukkan identitas brand. Kuncinya adalah dengan memastikan bahwa hadiah yang diberikan bisa menyasar calon pelanggan idealmu. Jika hadiah yang diberikan menarik bagi semua orang, semua orang hanya akan tertarik dengan kontesnya, bukan bisnisnya. Sebuah brand susu bayi bisa mengadakan lomba foto bayi sehat dengan hadiah stroller premium sebagai hadiahnya. Perusahaan travel bisa menawarkan sebuah hadiah tiket pesawat. Pastikan untuk meminta alamat email mereka dan dapatkan semua informasi yang kamu butuhkan sebagai persyaratan hadiah. Di akhir acara kamu akan mendapatkan daftar kontak baru yang cocok dengan profil target market.
  2. Curi Perhatian melalui Retargeting Apakah kamu pernah membuka toko online, hanya untuk melihat iklan produk toko online itu muncul di Facebook feed? Jika ya, kamu berarti sedang mengalami retargeting. Kamu bisa menggunakan strategi yang sama untuk bisnismu. Kamu bisa sign up untuk servis itu di Adroll. Kamu akan menambahkan beberapa baris kode ke dalam websitemu, deskripsikan pelanggan yang kamu ingin targetkan melalui software ini dan buat iklanmu sendiri. Software ini memanfaatkan cookies, dan bukanlah informasi pribadi, untuk mengidentifikasi user dengan mudah dan etis.

Jangan khawatir jika kamu tidak melihat banyak orang mengklik websitemu melalui iklan tersebut. Poinnya adalah untuk membuat brandmu tetap fresh dalam ingatan mereka. Ketika mereka sudah siap untuk berbelanja, mereka akan ingat iklan tersebut dan mencari websitemu.

  1. Bangun Platform dengan Guest Posting Kamu tidak perlu memfollow ratusan orang untuk menjangkau audiens yang luas. Guest posting memungkinkanmu untuk terintegrasi dengan platform yang sudah lebih mapan lainnya. Cari tahu tentang website yang bisa melengkapi bisnismu (misalnya bisnis baju pernikahan dengan wedding organizer), kamu bisa menghubungi website tersebut dan menanyakan apakah kamu bisa menuliskan artikel di sana. Untuk hasil terbaik, kamu bisa menjadwalkan blog tour, di mana kamu bisa menulis guest post untuk situs berbeda setiap minggunya.

Jangan batasi diri untuk mencari online. Cek majalah-majalah lokal saat memasuki perpustakaan kota, supermarket, cafe, community center, atau gedung bioskop. Biasanya mereka akan terbukan dengan artikel dari para ahli. Mereka adalah srategi bagus untuk bisa menjangkau audiens lokal.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas kamu bisa membuat bisnis kecil-mu mulai bertumbuh menjadi besar dan sukses. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *