Begini Cara Web Browser Dan Web Server “Berkomunikasi”

1

Web browser seperti Internet Explore, Firefox, Chrome, dan Safari memiliki peringkat diantara aplikasi jaringan yang paling popular di dunia. Orang menggunakannya untuk browsing informasi serta kebutuhan lainnya termasuk belanja online dan game online. Server web menyediakan konten untuk browser web melalui koneksi jaringan internet.

  • Client-Sever Networking Desain dan Web

Web browser dan web server bersama-sama berfungsi sebagai sistem client-server. Dalam jaringan computer, client-server adalah metode standar untuk merancang aplikasi penyimpanan data di computer server dan efisien bersama dengan sejumlah klien atas permintaan. Web browser semua berfungsi sebagai klien yang meminta informasi dari situs web (server).

  • Banyak Client Web Browser yang Meminta Data Dari Satu Situs Web

Permintaan dapat terjadi disetiap waktu berbeda atau secara bersamaan. Sistem client-server merupakan panggilan konseptual untuk semua permintaan ke situs yang sama yang ditangani oleh satu server. Dalam prakteknya, volume permintaan ke server web terkadang bisa tumbuh sangat besar. Server web sering dibangun sebagai kolom didistribusikan ke beberapa computer server. Untuk situs web sangat besar dan popular di berbagai negara di seluruh dunia, server ini web secara geografis yang didistribusikan untuk membantu dan meningkatkan respon untuk browser.

  • Protokol Jaringan Web Browser dan Server

Web browser dan server berkomunikasi melalui TCP/IP. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah aplikasi protocol standar di atas TCP/IP yang mendukung permintaan web dan respon server. Web browser juga mengandalkan DNS untuk bekerja dengan URL seperti ‘http://wireless.about.com/’. standar protocol juga memungkinkan berbaga merk browser web untuk berkomunikasi dengan berbagai merk server web tanpa memerlukan logika khusus untuk setiap kombinasi.

Sebuah web browser berkerja sebagai berikut:

  • Pengguna menentukan URL di browser mereka (bak dari bookmark atau dengan mengetikkan)
  • Browser memulai koneksi TCP ke server web atau server pool melalui alamat IP-nya yang diterbitkan DNS. Web server dengan menggunakan port default TCP 80 untuk melayani permintaan yang masuk. Sebagai bagian dari proses ini, browser juga membuat permintaan lookup DNS untuk mengkonversiURL ke alamat IP.
  • Setelah server melengkapi isinya dari koneksi TCP, browser mengirimkan pemrintaan HTTP ke server untuk mengambil konten URL.
  • Setelah server dengan konten di web page, browser mengambil isi paket HTTP dan menampilkannya. Konten dapat menyertakan URL yang tertanam utnuk spanduk iklan atau konten oleh pihak ketiga. Untuk memicu browser kamu dapat mengeluarkan permintaan koneksi TCP baru ke lokasi tersebut. Browser juga dapat menyimpan informasi tentang koneksi file local pada computer klien.

Web browser dan koneksi server biasanya dijalankan melalui serangkaian jaringan router menengah seperti halnya traffic internet yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *