7 Rahasia Mengapa Harus Menggunakan VPN Untuk Private Web Browsing

VPN

Koneksi Virtual Private Network (VPN) memiliki dua fungsi teknis utama: pertama, mengubah dan mengenkripsi sinyal, yang membuat aktivitas online kita benar-benar tidak terbaca oleh setiap penyadap. Kedua, VPN memanipulasi IP address yang membuat kita berasal dari mesin/lokasi/negara yang berbeda. Meskipun VPN dapat memperlambat kecepatan koneksi yang kita gunakan sebesar 25%-50%, tapi ada beberapa alasan mengapa kita harus mengubah IP ketika untuk browsing secara aman.

1. Mengakses Netflix dan Streaming konten dari luar Amerika Serikat

Karena perjanjian hak cipta, Netflix, Hulu, Pandora, dan penyedia media streaming lainnya tidak bisa menyiarkan semua konten di luar Amerika Serikat. Ini berarti, banyak film dan acara yang diblokir untuk pengguna di negara lain seperti Inggris, Canada, Australia, Asia, dan Eropa. Pelaksanaan geografis ini dikelola dengan membaca IP address pengguna, dan melacak ke negara asalnya. Dengan menggunakan layanan VPN, kita dapat memanipulasi IP address menjadi negara Amerika Serikat, sehingga dapat membuka dan mengakses Netflix maupun Pandora streams.

2. Download dan Upload file P2P

MPAA, asosiasi bioskop dan musik lainnya membenci P2P file sharing. Untuk sebuah alasan baik keuntungan dan legalitas, MPAA dan otoritas lainnya melarang pengguna berbagi film dan musik online. Mereka menangkap pelaku dengan menyamar sebagai sesama file sharers, atau dengan memata-matai sinyal ISP yang kita gunakan.

Sebuah VPN dapat menjadi solusi terbaik untuk pengguna P2P. Jika kamu seorang file sharers dan tidak ingin mengambil risiko penuntutan hak cipta atau tuntutan hukum sipil, pertimbangkan untuk menggunakan VPN.

3. Menggunakan koneksi publik atau Wi-Fi hotel

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari hal ini, tapi koneksi publik atau wi-fi hotel sebenarnya kurang aman untuk mengirimkan email atau browsing. Koneksi publik atau wi-fi tidak menawarkan keamanan enkripsi untuk pengguna, dan sinyal kita dapat disadap dengan mudah. Hal ini sangat mudah, bahkan untuk seorang hacker junior untuk mencegat sinyal wi-fi yang tidak terenkripsi menggunakan Evil Twin phony hotspot atau plugin Firefox Tamper Data. Karena koneksi publik atau wi-fi ini sangat tidak aman, mungkin inilah alasan mengapa pengguna ponsel harus mempertimbangkan menggunakan VPN untuk koneksi mereka. Jika kamu login ke jaringan wi-fi publik dan terhubung ke VPN pribadi, maka koneksi hotspot yang kamu gunakan akan dienkripsi dan tersembunyi dari hacker.

4. Keluar dari kebijakan jaringan kantor/sekolah

Sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan, pelajar di sekolah, atau mahasiswa di kampus, biasanya kita akan dikenakan kebijakan ‘Acceptable Use’ untuk browsing web. ‘Acceptable Use‘ sering menjadi perdebatan dan banyak organisasi akan memberlakukan pembatasan yang ketat, seperti memblokir semua situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, YouTube) di jam kerja/sekolah.

Sebuah koneksi VPN memungkinkan kita untuk keluar dengan membuat jalur khusus atau ‘tunneling‘ dari pembatasan yang ketat pada sebuah jaringan. Browsing menggunakan VPN tidak mudah terbaca oleh administrator jaringan, sehingga mereka tidak dapat mengumpulkan bukti jejak aktivitas online. Ingat, kami tidak merekomendasikan untuk melanggar aturan/kebijakan, tetapi jika kamu merasa memiliki alasan yang dibenarkan untuk melewati pembatasan jaringan yang spesifik, maka koneksi VPN bisa menjadi solusi.

5. Bypass konten negara yang diblokir dan pengawasan konten

Sama seperti kebijakan ‘Acceptable Use‘ yang diterapkan pada kantor atau sekolah, beberapa negara juga melakukan pemblokiran untuk situs atau konten-konten tertentu. Misalnya, di Indonesia memblokir situs-situs terlarang atau berbau pornografi melalui Internet Positif. Untuk mengatasinya, kita bisa bypass pembatasan sensor menggunakan VPN untuk mengakses semua konten.

6. Menutupi panggilan telepon VOIP

Voice-over-IP (internet telephoning) relatif sangat mudah untuk disadap. Bahkan hacker tingkat menengah dapat mendengarkan panggilan VOIP kita. Jika kamu pengguna VOIP seperti Skype, Lync atau layanan voice chatting lainnya, pertimbangkan untuk menggunakan koneksi VPN agar privasi tetap terjaga.

7. Menggunakan mesin pencari tanpa log

Suka atau tidak, Google, Bing, dan mesin pencari lainnya akan membuat log untuk setiap browsing yang kita lakukan. Ketika melakukan browsing mesin pencari akan menyimpan IP address komputer kita, kemudian digunakan untuk meyesuaikan iklan dan pencarian selanjutnya. Log ini mungkin tampak tidak mengganggu dan bahkan mungkin berguna, tapi juga dapat berisiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *