7 Alasan Kenapa Memilih Drupal

drupal

Apakah Anda sedang bingung mencari Content Management System (CMS) yang tepat untuk situs atau bisnis Anda? Cobalah pertimbangkan Drupal. Drupal adalah CMS open source yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan pemeliharaan dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Beberapa contoh situs besar yang menggunakan Drupal antara lain The Economist, Fast Company, Sony BMG, and the White House, dan masih banyak lagi. Mengapa Drupal? Berikut 7 alasan kenapa memilih Drupal.

1. Fleksibilitas

Drupal dirancang untuk mudah di kustomisasi. Jika Anda dapat memikirkannya, Anda atau developer Anda mungkin dapat melakukannya di Drupal.

2. Module powerful

Drupal di kustomisasi menggunakan program kecil yang disebut modules. Drupal memiliki begitu banyak module yang powerful yang dapat Anda gunakan untuk membangun situs yang sempurna.

3. Leverage pekerjaan

Cobalah cari beberapa module Drupal yang paling populer dan Anda akan menemukan banyak yang dipelihara oleh web developer profesional. Sering kali, mereka memiliki klien besar yang mengandalkan module ini. Bahkan, kadang di sponsori secara langsung. Ini adalah tanda-tanda yang baik bahwa module akan tetap di pertahankan di masa depan.

Berkat sotfware open source, Anda berbagi kualitas, kerja mahal secara gratis.

4. Drush

Jika Anda pernah menggunakan command line, Anda harus berhenti membaca artikel ini dan segera menginstal Drupal, karena drush adalah ultimate CMS dealbreaker. Anda dapat mengelola situs Drupal melalui command line. Sehingga, tugas pemeliharaan bisa menjadi lebih cepat.

5. Pemeliharaan mudah

Jika Anda belum pernah mendengar tentang “command line”, jangan panik. Pikirkan tentang developer. Developer Anda lebih cepat dapat melakukan pemeliharaan rutin.

6. Multiple Sites dengan Aegir

Out of the box, Drupal memungkinkan Anda untuk mengatur “multisites”. Setiap situs muncul dengan tampilan yang berbeda, tema dan URL sendiri. Tapi, dibelakang layar, semua berada di satu akun hosting, dan lebih mudah untuk melakukan pemeliharaan.

Pemeliharaan akan lebih mudah dengan Aegir, sebuah program yang menyediakan web interface untuk situs Drupal Anda. Hanya dengan satu klik, Anda dapat melakukan tugas-tugas kompleks seperti:

  • Mengkloning situs Anda untuk pengembangan.
  • Migrasi situs Anda untuk mengupgrade versi Drupal.
  • Membuat situs baru dengan sekali klik.

7. Dirancang untuk masa depan

Banyak orang sering berpikir tentang pengembangan web sebagai proyek satu kali. Itu adalah pemikiran yang salah.

Seperti telah dijelaskan diatas, bagaimana mudahnya melakukan pemeliharaan situs Drupal dengan drush dan Aegir. Tapi disini ada kualitas lain pada Drupal: foresight.

Drupal menggunakan sistem “upgrade besar”, di mana upgrade besar Drupal keluar setiap beberapa tahun. Tidak semua module diperbarui dalam setiap rilis Drupal core yang baru, sehingga Drupal lama tetap didukung sampai rilis berikutnya. Misalnya, Drupal 6 akan didukung sampai rilis Drupal 8.

Anda tidak perlu khawatir tentang versi berikutnya dari Drupal yang tiba-tiba merusak situs Anda. Anda memiliki beberapa tahun untuk mengurangi ke upgrade besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *