5 Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Bisnis yang berjalan secara online dapat mengalami kegagalan untuk berkembang disebabkan karena sedikit atau tidak adanya penjualan yang signifikan. Hal ini sering terjadi tidak hanya pada usaha kecil namun juga usaha yang sudah besar. Faktor penjualan memang begitu penting dalam dunia bisnis, tidak heran jika para pelaku usaha terus berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang penjualan secara online.

Sama halnya seperti semua hal yang ada di dunia ini, tak ada satu pun cara berikut yang dijamin 100% keberhasilannya. Beberapa orang yang menggunakan cara yang sama tidak otomatis mendapatkan hasil yang sama. Namun, jika Anda benar-benar memiliki produk yang bagus, harga bersaing, dan desain website yang profesional, maka beberapa cara berikut bisa menjadi faktor penentu dalam meningkatkan penjualan Anda secara online. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda pelajari:

  1. Memberi Banyak Pilihan Dan Menjual Lebih Banyak Produk Atau Jasa

Ketika Anda menawarkan banyak pilihan kepada pengunjung website, maka mereka akan mengalami kelumpuhan analisis saat membandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Selain itu, mereka dapat menemukan berbagai hal yang mereka butuhkan hanya melalui website Anda. Dengan begitu, mereka akan cenderung untuk kembali lagi di website Anda dan melakukan pembelian.  Anda bisa memperluas pilihan dari link produk yang sudah ada. Tambahkan pilihan dari produk terlaris yang ada misalnya dari segi warna, ukuran, dan hal sejenisnya.

  1. Mengatur Harga

Anda perlu melakukan survey mengenai harga-harga produk sejenis di pasaran. Anda bisa menurunkan atau bahkan meningkatkan harga sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bisnis Anda. Jika ingin meningkatkan harga, maka Anda bisa meningkatkan harga dengan presentase yang sangat kecil. Anda tidak harus melakukannya pada semua produk secara bersamaan. Atur sedemikian rupa sehingga kenaikan harga tidak terlalu mencolok. Tetapi, jika Anda memutuskan untuk menurunkan harga, pastingan bahwa Anda tetap memperoleh keuntungan. Lakukan strategi pemasaran dengan menunjukkan potongan harga yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa meraih perhatian dari pelanggan.

  1. Format Website Anda Untuk Pengalaman Pengguna Yang Optimal

Hal penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah membuat website Anda memberikan pengalaman yang optimal bagi pengguna. Anda bisa melakukannya dengan beberapa ide berikut:

  • Membuat kampanye pemasaran baru. Anda bisa membuatnya dengan tampilan yang lebih segar dan menarik untuk segmen pasar yang berbeda.
  • Lakukan penyegaran website Anda dengan tampilan yang lebih modern.
  • Desain website Anda dengan sesuatu yang berbeda dari pesaing Anda.
  • Cari tahu apa yang paling disukai pengunjung dari website Anda dan mulai kembangkan.
  1. Menyajikan Sesuatu Yang Kontras

Kebanyakan orang memiliki perilaku yang sama saat melihat sebuah halaman web. Perhatian pengunjung biasanya secara otomatis tertarik pada elemen web yang kontras. Di internet, jika Anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka Anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan. Ada banyak cara untuk membuat hal yang kontras dari website Anda untuk meningkatkan penjualan. Misalnya dengan menampilkan sebuah gambar produk yang lebih besar dari produk lainnya. Dengan begitu, pengunjung akan berfokus dengan produk yang terlihat berbeda dari yang lainnya dan melihat detailnya lebih lanjut hingga melakukan pembelian.

  1. Target Pasar Baru

Pasar baru mengacu pada konsumen baru yang sebelumnya tidak tahu mengenai bisnis online Anda. Dalam beberapa kasus, pasar baru dapat dicapai melalui pembukaan toko baru. Dalam kasus lainnya, Anda bisa melakukan penargetan pasar luar negeri. Hal ini mungkin akan memerlukan penerjemahan dalam situs web Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *