3 Tren Online Shop yang Harus Kamu Ketahui!

online shop

Saat ini dunia ecommerce atau online shop berkembang begitu pesat, dan kita sebagai pelaku bisnis atau yang berada di dalamnya harus memastikan bahwa selalu mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Berikut adalah 3 tren online shop yang harus kamu tahu untuk menghadapi setiap tantangan yang ada di depan.

1. Pengalaman personal

Hal pertama yang harus kita pikirkan adalah bagaimana menjembatani kesenjangan antara onliners biasa dengan orang yang berpengalaman berbelanja online. Personalisasi adalah salah satu tren terbesar dan paling penting dalam ecommerce saat ini. Kampanye personalisasi yang baik bisa membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang unik untuk membuat pembeli tahu bahwa kita benar-benar peduli.

Salah satu cara terbaik yang mungkin bisa kita lakukan adalah kampanye melalui email. Baik pada email sebelum dan sesudah pembelian, tanyakan kepada mereka apa yang membuat mereka senang sesuai dengan preferensinya masing-masing. Jadi, penting bagi kita untuk mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin. Data ini kemudian bisa kita gunakan untuk membuat penawaran pribadi, mengirim penawaran ulang dan meminimalisir jumlah email yang tidak relevan yang mungkin kita kirim.

2. Konten berkualitas

Untuk tren jangka pendek, konten yang singkat telah mulai menurun dan sudah waktunya kini untuk berinvestasi dalam konten jangka panjang yang berisi informasi yang berkualitas. Sampaikan manfaat yang lebih dalam dari produk dan jasa yang kita tawarkan. Selain itu, konten yang baik untuk pelanggan adalah yang melibatkan informasi dan jawaban yang mendalam dari pertanyaan pelanggan itu sendiri.

Namun, hal penting lainnya adalah dengan membuat konten yang mudah diakses dan dioptimalkan untuk pengguna mobile. Pertimbangkan juga penggunaan video dan podcast.

3. Marketing automation

Tetap berhubungan dengan pelanggan adalah cara yang baik untuk menciptakan ikatan yang bisa mendorong pembelian di waktu yang akan datang. Tetapi, itu bisa menjadi sulit untuk mempertahankan basis pelanggan kita yang terus tumbuh. Untungnya, ada beberapa marketing automation tools yang bisa membantu kita mempertahankan pelanggan.

Tools pintar ini pada dasarnya membaca perilaku dan kebiasaan pembeli ketika berbelanja, seperti apa yang menarik bagi mereka, bagaimana respon mereka ketika membaca penawaran produk yang menarik, dan yang lainnya. Marketing automation adalah tren terbesar untuk online shop dan akan terus tumbuh menjadi lebih canggih di tahun-tahun mendatang.

Itulah 3 tren online shop yang wajib kamu tahu untuk membantu bisnismu terus tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *