3 Fungsi Google Sheet Untuk Melacak Data Kompetitor

google sheets

Google Sheets dapat membantu untuk mengamati harga kompetitor, memberi informasi berita utama, mengambil data dari website, file CSV dan masih banyak lagi. Google sheets ini dapat membantu bisnis kecil untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif. Google sheets memiliki banyak fitur dan fungsi. Ada 3 fungsi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data kompetitor dan industri untuk membantu mengambil keputusan yang lebih baik.

IMPORTXML

Yang pertama dari fungsi Google Sheets adalah ImportXML. Meskipun namanya ImportXML, namun fitur ini dapat kita gunakan untuk mengambil beberapa data yang terstruktur termasuk XML, Hypertext Markup Language (HTML), Comma-Separated Value (CSV) files, Tab-Separated Value (TSV) files, dan RSS feeds.

Misalnya, kompetitor kita adalah Lazada. Meskipun kita tidak memiliki semua produk yang dijual di Lazada, mungkin ada beberapa produk/merek tertentu yang sama. Nah, untuk memastikan bahwa harga jual kita kompetitif atau tidak, gunakan Google Sheet untuk melacak data produk Lazada. Bagaimana caranya?

Fungsi ImportXML memerlukan dua parameter, yang pertama adalah URL dan yang kedua adalah XPath.

1

Contoh:

=IMPORTXML(“http://www.lazada.co.id/kate-spade-small-harmony-classic-spade-stucco-947416.html”, “//h1[contains(@itemprop, ‘name’)]”)

Fungsi diatas akan menampilkan informasi lengkap dari nama produk.

IMPORTFEED

Fungsi ImportFeed di Google Sheets adalah untuk parse RSS atau ATOM feed. Fungsi ini memiliki satu parameter wajib dan tiga parameter opsional.

2

Contoh:

=IMPORTFEED(“http://www.practicalecommerce.com/feed”)

Parameter kedua digunakan untuk mendapatkan deskripsi, atribut atau node tertentu dari feed.

Contoh

=IMPORTFEED(“http://www.practicalecommerce.com/feed”, “items title”)

Parameter ketiga digunakan untuk header kolom. Cukup tambahkan “true”. Perhatikan parameter dibawah ini yang sudah diatur ke empty string atau default.

=IMPORTFEED(“http://www.practicalecommerce.com/feed”, “”, “true”)

Parameter yang keempat digunakan untuk membatasi jumlah item, jadi jika kita ingin 5 artikel terakhir, fungsinya akan menjadi seperti berikut:

=IMPORTFEED(“http://www.practicalecommerce.com/feed”, “”, “true”, 5)

IMPORTDATA

Fungsi google sheet import data adalah untuk menarik informasi dari CSV atau TSV. Hal ini dapat membantu untuk menyerap data dari web atau layanan pemerintah.

3

Misalnya, jika kita ingin melihat sensus di AS tahun 2010, kita bisa menarik datanya ke dalam google sheets sepert dibawah ini:

=IMPORTDATA(“http://www.census.gov/2010census/csv/pop_change.csv”)

Kesimpulannya adalah Google Sheets memiliki fungsi yang sangat berguna untuk membantu pemilik bisnis kecil dalam mengumpulkan data kompetitor. Dari ketiga fungsi Google Sheets diatas ImportXML mungkin adalah yang paling berguna karena membantu untuk melacak harga produk dari kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *