11 Langkah Untuk Membuat Situs Mobile Friendly

mobile-friendly-test-Edenspiekermann

Pastikan situsmu dapat diakses secara penuh di ponsel meskipun memerlukan usaha yang cukup kompleks, namun tentu saja pantas untuk dipelajari. Sebab saat ini ponsel memang digunakan bagaikan asisten pribadi. Semua hal dari mengirim pesan, telepon, belanja, bahkan seperti daftar-daftar kegiatan yang akan dilakukan, semuanya ada dalam ponsel. Itu sebabnya, pekerjaan rumah seorang pengguna situs web adalah memastikan bahwa pengguna ponsel tadi dapat menikmati situs tersebut tanpa kehilangan menu utamanya.

Berikut adalah 11 langkah, yang perlu kamu coba :

  1. Hilangkan kemungkinan navigasi dengan 2 tangan

Navigasi dengan 2 tangan akan membuat pembacamu kualahan. Harus memperbesar dan memperkecil, menggeser kanan dan kiri dengan kedua tangan, bukanlah hal yang nyaman. Pastikanlah mereka bisa menikmati situsmu dengan nyaman, bahkan hanya dengan 1 tangan saja.

  1. Fokus pada Kesederhanaan

Berbeda dengan desktop yang memiliki banyak ruang untuk gambar, video, dan teks, situs yang diadaptasi ke dalam ponsel akan memiliki ruang yang jauh lebih sempit. Oleh karena itu, kamu secara kreatif harus mendesain situsmu agar terlihat sederhana, sehingga setiap menu ataupun poin-pon yang coba untuk kamu sampaikan akan ditemukan dengan mudah oleh pembaca. Pilihlah juga menu dan poin tersebut secara bijak, agar situsmu tidak penuh dan terlihat semrawut.

  1. Gunakan Teknologi Responsif

Teknologi responsive dapat kamu temukan pada aplikasi Bootstrap, yaitu aplikasi yang akan membantumu dalam mendesain dan mengatur tata letak situs, hanya dalam sekali pengaturan saja. Kelebihan teknologi responsive ini adalah, konten situsmu akan secara otomatis mengikuti perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Seperti letak teks, ikon, gambar, dan video dan tombol lainnya akan langsung menyesuaikan tata letaknya, ketika dibuka menggunakan desktop, ponsel, bahkan tablet.

  1. Optimalisasi Gambar

Mengakses gambar ataupun video di situs menggunakan ponsel, pasti akan lebih lambat daripada menggunakan desktop. Untuk menghindari ini, kamu bisa memperhatikan resolusi yang kamu gunakan, pilihlah yang lebih rendah. Kemudian pertimbangkan aspek rasionya, pilihlah yang kamu rasa dapat ditampilkan secara optimal di layar ponsel. Selanjutnya kamu bisa menggunakan JQuery jika JavaScript terlalu berat.

  1. Hindari Penggunaan Teks Berlebih

Dikatakan bahwa visual akan lebih menarik ketimbang teks saja. Oleh sebab itu, di situsmu nanti kamu bisa lebih mengoptimalkan penggunaan ikon-ikon daripada teks. Keuntungan penggunaan ikon ini adalah situsmu akan terkesan lebih sederhana dan tak perlu waktu lama untuk menemukan menu yang terdapat di sana. Ikon juga menjadikan tampilan situsmu terkesan lebih segar dan menyenangkan.

  1. Konten Pendek

Kamu tentu bingung dengan pilihan harus memprioritaskan situs dengan konten yang panjang, atau sederhana dan pendek saja. Jika memilih konten panjang, kemungkinan pembaca dengan ponsel mungkin tidak akan merasa nyaman, bahkan bosan. Namun konten panjang justru lebih memiliki kesempatan untuk dilirik sebagai bahan diskusi dan pembahasan sebab dapat memuat detail yang lebih mendalam. Mengatasi hal ini, hal pertama yang kamu lakukan adalah mengetahui dulu karakter pembacamu. Apakah mereka adalah pembaca dengan tipe yang serba sibuk, sehingga ponsel mereka akan menjadi multi tasking dan mengerjakan banyak hal di waktu bersamaan. Bagi pembaca jenis ini, mungkin konten panjang akan kurang tepat. Tapi, bagi tipe pembaca yng memang mengkhususkan mencari alternatif-alternatif pengetahuan, maka konten panjang tak akan bermasalah.

  1. Tombol Kontak dan Lokasi Informasi yang Sederhana

Terdapat 2 kemungkinan ketika orang lain mengunjungi situsmu. Yang pertama adalah karena ingin menikmati kontennya, yang kedua adalah bisa saja ingin menawarkan kerja sama. Menghadirkan nomor kontak dan lokasi jelas akan sangat membantu mereka untuk menemukanmu. Itu sebabnya, kamu harus meletakkan tombol-tombol tadi di tempat yang mudah untuk dilihat, jangan sampai meletakkannya di tempat yang tersembunyi dan tertutup, atau mungkin disamarkan oleh konten.

  1. Uji Mobile User Experience

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika mensetting situsmu ke bentuk mobile friendly adalah yang pertama, kenyataan bahwa setiap ponsel hadir dengan berbagai ukuran layar yang berbeda. Yang kedua, system operasi yang tidak dapat digeneralkan, dan yang terakhir adalah banyaknya jenis browser yang mungkin saja digunakan. Berdasarkan ketiga aspek tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi UxRecorder, hal ini bertujuan agar kamu mengetahui kombinasi yang tepat untuk setiap aspeknya.

  1. Gunakan Geolocation

Geolocation merupakan perangkat yang akan membantu pembaca kontenmu ketika mereka berniat untuk mencari tahu lokasimu. Geolocation juga bisa sangat memudahkan bagi kamu jika digunakan untuk keperluan bisnis, seperti meletakkan ketrangan-keterangan lokasi di titik-titik tertentu, bahkan hingga ke pengecekan ketersediaan barang, aplikasi ini dapat sangat membantu.

  1. Pengoptimalan Konten Mobile Friendly

Konten yang kamu tulis tidak harus sangat panjang, sebab akan berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan untuk sekedar membuka konten tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui poin-poin mana saja yang ingin kamu tunjukkan, sehinga tanpa barisan yang begitu panjangpun pembaca sudah bisa menemukan apa yang mereka cari. Usahakan tulisanmu intuitif dan efektif dalam pemakaian kalimatnya. Serta penggunaan men-menu pada bar, yang berfungsi untuk mempermudah pembaca menemukan topic yang mereka cari.

  1. Menyikapi Tanggapan

Pembaca kontenmu, bukanlah hanya satu orang saja. Oleh sebab itu, pembacamu tidak akan bisa dikategorikan sebagai satu kelompok, yang kemudian dapat digeneralkan. Kamu harus memahami bahwa setiap orang yang berkunjung ke situsmu berdasarkan tujuan yang belum tentu sama, serta pasti memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Erdasarkan hal ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tidak semua dari pembaca tersebut merasa puas dengan apa yang kamu sajikan di dalam konten. Bisa saja terdapat poin-poin yang membuat mereka tidak nyaman.

Mendengarkan keluhan dan masukan, kritikl dan saran dari mereka adalah solusi yang terbaik. Kamu mungkin sanggup menyewa unit analisis untuk emperhatikan laju kunjungan yang ada di situsmu, namun tidak akan sebanding ketika kamu memahami dan berinteraksi secara langsung dengan mereka. Mengenali karakter, keinginan, dan harapan mereka yang dibawa ketika mereka mengunjungi situsmu. Menyikapi tanggapan dengan jalan merespon cepat dan baik, merupakan cara yang efektif untuk membangun kedekatan dengan pembaca.

Kesimpulan

Peningkatan pengguna telepon seluler merupakan alasan utama, mengapa kamu harus tetap meningkatkan kreativitasmu dalam menjalankan situs berbasis mobile friendly. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai pasar baru, dan memungkinkan kamu secara maksimal membagikan kontenmu ke khalayak yang lebih luas. Memperhatikan situsmu dalam bentuk ramah seluler merupakan satu pembuktian besar bahwa kamu begitu peduli atas kenyamanan mereka dalam menikmati kontenmu.

Baca Terkait: Ini Dia Top 5 Shopping Cart Software Untuk Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *