10 Tools Praktis Untuk Menganalisa Social Media Content

blog-socialmedia-tools

Mempromosikan brand di social media telah menjadi langkah penting dalam perjalanan bisnis. Namun seringkali kita masih belum tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan posting, jam berapa prime time-nya dan bagaimana cara mengelola berbagai social media sekaligus. Untungnya, ada beberapa tools yang akan membantu.

Berikut ini adalah daftar beberapa tools untuk scheduling dan mengelola konten social media. Beberapa tools bisa menganalisis waktu terbaik untuk online, memposting konten secara otomatis, menganalisis followers, dsb. Beberapa tools ada yang spesifik pada salah satu social media, namun ada juga yang cross-platform. Hampir semuanya juga menyediakan versi gratis.

Buffer. Ketika menggunakan Buffer, kita bisa input konten yang akan dipublikasikan dalam sehari/seminggu/sebulan, kemudian pilih profil audiens yang ingin ditargetkan. Buffer akan menyebarkan konten sesuai jangka waktu yang telah direncanakan. Buffer memungkinkan kita tidak harus ada di depan komputer setiap saat untuk mengelola semua social media. Buffer juga memiliki fitur untuk menyingkat links/URL serta laporan analisis. Biaya: free untuk akun individual. Akun bisnis mulai dari $50 setiap bulannya untuk 5 admin.

Buffer
Buffer

 

Sprout Social. Sprout Social adalah platform manajemen dan engagement untuk social media. Bisa melakukan schedule dan posting status ke Twitter, Facebook, Google+, dan LinkedIn. Melalui ViralPost kita bisa mendorong engagement sosial dari konten, yaitu dengan melakukan analisis audiens untuk menentukan waktu optimal mempublikasikan konten berdasarkan pemakaian dan pola engagement, kecepatan penyampaian konten, dan berbagai faktor lainnya. Biaya:  mulai dari $59 per bulan.

SumAll. SumAll adalah analytics tool untuk mengetahui metrics dari servis sosial, commerce, dan web yang digunakan. Mampu menganalisis timing, tagar, kata kunci, jumlah karakter, dsb untuk memberikan panduan dalam optimalisasi performa konten. Fitur auto-posting Twitter juga tersedia. Biaya: Basic account gratis. Premium plans mulai dari $59 per bulan.

ScheduGram. ScheduGram adalah tool untuk mengelola akun Instagram. Bisa upload dan schedule banyak gambar/foto untuk diposting di berbagai akun sekaligus. Memungkinkan multiple users untuk login di akun ScheduGram, melakukan schedule post, dan memantau apa saja yang dischedule admin lainnya. Biaya: mulai dari $5 per minggu.

ScheduGram
ScheduGram

 

Tweriod. Tweriod free tool yang membantumu mengetahui jam terbaik untuk posting tweet. Analisis gratis bisa mengakses hingga 1,000 followers dan menganalisis 200 tweet terakhir mereka. Biaya: Free. Laporan premium mulai dari $5.

SocialBro. SocialBro adalah platform marketing untuk Twitter. Ketahui waktu terbaik untuk posting tweet melalui sampel kustom dari beberapa orang dan mengamati kapan segmen spesifik dari audiensmu sedang online. Memberikan status detail tentang komunitasmu, termasuk demografi dan influencersnya. Biaya: Free untuk maksimal 2 akun Twitter. Premium plans mulai dari $13.95 per bulan.

Hootsuite. Hootsuite adalah tool untuk mengelola jejaring sosial, melakukan schedule, berinteraksi dengan audiens, dan menghitung ROI. Hootsuite juga menyediakan fitur posting otomatis di waktu yang optimal. Menargetkan post kita dan membagikan konten dengan konsumen denga berbasis lokasi, bahasa, dan demografi. Upload dalam jumlah besar dengan single click. Hootsuite menjadi tools yang sudah terintegrasi di lebih dari 25 platform jejaring sosial. Biaya: Free untuk maksimal 3 social media. Pro plan $9.99 per bulan.

Hootsuite
Hootsuite

 

Agora Pulse. Agora Pulse adalah platform untuk mengelola semua social media dalam satu tempat. Bisa disetting otomatis, bahkan ketika kita tidak sedang online. Memberikan email notifikasi setiap kali sudah melakukan posting dan ada komentar yang masuk. Bisa untuk mengelola kontes dan promosi, seperti foto kontes, kuis, kupon, dsb. Biaya: Mulai dari $29 per bulan.

SocialOomph. SocialOomph, dulunya adalah TweetLater.com, adalah tool untuk mendorong produktivitas social media Twitter, Facebook. LinkedIn, RSS feeds Plurk, App.net, dan blog. Bisa schedule post dan memonitor aktivitas social media. Schedule update status, update grup, upload foto, share, dan banyak lagi. Biaya: Basic plan gratis. Pro plan $17.97 setiap dua minggu.

TakeOff. TakeOff adalah aplikasi dari Cowdfire untuk schedule Instagram. Otomatis melakukan schedule post di jam ketika post paling banyak dilihat followers. TakeOff menganalisis caption kita dan memberikan saran hashtag/tagar yang relevan dan high-discovery. Tambahkan klien atau tim admin untuk membantumu mereview atau membuat konten Instagra.Biaya: Free.

Beruntungnya hidup di jaman serba digital seperti sekarang, karena sudah banyak sekali tools aplikasi sebagai solusi dari semua masalah yang dihadapi. Pentingnya social media dalam peranan bisnis menambah daftar panjang solusi aplikasi yang akan terus berkembang di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *