10 Tips Efektif Memilih WordPress Hosting yang Baik

wphosting

Hampir semua layanan web hosting tersedia untuk WordPress, namun tidak semuanya menjadi pilihan yang baik. Ketika berbicara tentang memilih WordPress hosting dengan biaya yang efektif dan terjangkau, kamu harus memerhatikan banyak faktor untuk dipertimbangkan. Untuk itu, berikut ini ada 10 tips hal-hal terpenting yang bisa dilakukan saat proses pemilihan yang dilakukan dengan teliti.

  1. Perhatikan Harga

Jika kamu beniat memilih paket web hosting untuk WordPress efektif dan efisien, harga adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan, tentunya. Biaya yang ada harus disesuaikan dengan budget anggaranmu. Harga kisaran $3/bulan dan $7/bulan masih terbilang wajar untuk shared WordPress hosting, dan kisaran $20/bulan dan $70/bulan dianggap masih masuk akal untuk harga VPS hosting. Tawaran harga yang terlalu tinggi dan bahkan yang terlalu rendah justru yang sebaiknya diwaspadai kualitasnya.

  1. Manfaatkan fitur ekstra secara cuma-cuma

Untuk membuat layanan WordPress hosting lebih menarik bagi user yang memiliki budget terbatas, beberapa perusahaan webhosting sering menawarkan fitur ekstra dan gratis dalam program mereka. Biasanya, tambahan 1 nama domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan atau layanan backup gratis. Hal ini tentu menambahkan value pada layanan yang kita ambil.

  1. Lakukan riset pada reputasi perusahaan webhosting

Reputasi sangatlah penting karena jika kamu menggunakan jasa webhosting yang tidak terpercaya, kebutuhanmu tidak akan bisa dipenuhi bahkan dengan penawaran terbaik sekalipun. Perusahaan webhosting dengan reputasi yang kurang bagus mungkin saja melakukan penipuan. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana mencari tahu apakah perusahaan itu memiliki citra yang baik atau buruk. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan. Contohnya, kamu bisa mulai dengan melakukan pencarian di Google untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, atau kunjungi situs review WordPress hosting seperti WhatsWP untuk membaca rating professional dan review dari perusahaan webhosting tertentu.

  1. Perhatikan kebijakan uang-kembali

Pada beberapa perusahaan, ada yang menjamin garansi uang kembali dalam pelayanannya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk asuransi untuk pembayaran yang kamu lakukan dan memperbolehkanmu melakukan refund jika tidak puas dengan pelayanan dan ingin membatalkannya. Saat ini hampir semua perusahaan webhosting memberlakukan kebijakan pengembalian uang dalam periode mulai dari 30 hari hingga 90 hari, dan yang harus kamu perhatikan adalah syarat dan ketentuannya, termasuk biaya apa saja yang tidak bisa dikembalikan dan kepemilikan domain. Lebih baik memilih webhosting dengan periode uang-kembali yang lebih lama asalkan syarat-syarat kebijakan pengembaliannya jelas.

  1. Pastikan kemampuan WordPress bekerja optimal 100%

Pastikan WordPress bisa berjalan dengan baik tanpa masalah. Karena syarat minimal dari WordPess adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, kamu harus pastikan bahwa mereka bisa memenuhi segala kebutuhan tersebut. Perusahaan yang menawarkan versi terbaru dari PHP dan MySQL, menggunakan suPHP sebagai PHP, dan menggunakan web server Apace dengan modul mod_rewrite akan jauh lebih banyak dipiliih. Layanan webhosting terbaik dan terjangkau telah hadir di Indonesia.

  1. Layanan instalasi WordPress itu penting

Instalasi WordPress akan sangat membingungkan terutama bagi pemula. Dalam kasus ini, yang kamu butuhkan adalah 1-click script installer yang akan secara otomatis melakukan seluruh proses instalasi mulai dari mendownload file zip hingga menginstall software. Paket webhosting tanpa tools di atas tapi sudah termasuk instalasi gratis oleh tim teknisi professional masih menjadi pilihan yang cukup.

  1. Mencoba control panel yang ditawarkan

Control panel memegang peranan penting dalam pengelolaan akun hosting sama seperti situs WordPress yang dijalankan. Webhosting yang mengutiliasi cPanel sebagai control panel mampu menyediakan cara mudah untuk mengelola domain, files, keamanan, dll. Jika provider hostingmu tidak menawarkan cPanel, kamu sebaiknya benar-benar mencoba demo panel yang ditawarkan sebelum melakukan pembayaran.

  1. Mengetahui kualitas customer service

Kualitas customer service menjadi penting karena kamu tentu tidak ingin tidak mendapatkan respon seharian setelah kamu mengajukan pertanyaan. Untuk mengecek kualitas, kamu bisa coba menghubungi tim support dan menanyakan beberapa pertanyaan hanya untuk menguji profesionalisme dan kecepatan merespon.

  1. Pastikan situs WordPressmu aman di tangan mereka

Sebelum membuat keputusan final, kamu sebaiknya melihat daftar semua fitur yang ditawarkan, mencoba demo control panel atau menanyakan tim customer service untuk melihat apakah perusahaan itu memiliki fitur yang cukup aman yang bisa menjaga situs WordPressmu. Pada dasarnya, suPHP, SSH dan SSL sangat penting, dan akan lebih baik jika perusahaan webhosting memiliki software backup.

  1. Ketahui performa web hosting

Sebuah web hosting yang memiliki performa yang buruk akan sangat jauh dari pilihan yang efisien dan efektif. Jika websitemu masih sering dimuat lambat dan error, maka itu adalah pilihan yang buruk. Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu bisa mencari review dari konsumen mereka dan membaca beberapa statistic dari situs review yang telah memonitor performa WordPress hosting tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *