10 Hukum Dalam Pemasaran Di Sosial Media

Social-Media-Marketing-2

Memanfaatkan kekuatan konten dan pemasaran di sosial media dapat meningkatkan audiens dan basis pelanggan dengan cara yang dramatis. Ini adalah hal penting untuk memahami dasar pemasaran di sosial media. Dengan memaksimalkan kualitas bisnis dan mematuhi 10 hukum berikut, akan membantu membangun sebuah bisnis yang sukses.

  1. Hukum Mendengarkan

Sukses dengan sosial media dan pemasaran konten tentu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendengarkan dan mengurangi bicara. Baca konten online dari audiens target Anda dan bergabung dalam diskusi untuk mempelajari apa yang penting bagi mereka. Dengan begitu, Anda dapat membuat konten dan memicu percakapan yang menambah nilai dalam kehidupan mereka.

  1. Hukum Fokus

Lebih baik untuk mengkhususkan diri daripada menjadi orang yang mengetahui tentang banyak hal tetapi tidak mampu menguasai apapun dalam perdagangan atau sering disebut “jack of all trades”. Sebuah strategi sosial media dan pemasaran konten yang sangat terfokus dimaksudkan untuk membangun brand yang kuat dan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses. Hal ini akan lebih efisien daripada membuat strategi luas yang mencoba untuk menjadi segalanya bagi semua orang.

  1. Hukum Kualitas

Kualitas mengalahkan kuantitas. Lebih baik untuk memiliki 1.000 koneksi secara online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang konten Anda dengan audiens mereka sendiri, daripada 10.000 koneksi yang akan menghilang setelah terhubung dengan Anda untuk pertama kalinya.

  1. Hukum Kesabaran

Keberhasilan pemasaran konten di sosial media tidak terjadi dalam semalam. Untuk itu, perlu adanya kesabaran dalam menjalani setiap prosesnya. Anda harus memiliki komitmen jangka panjang untuk mencapai hasil yang maksimal.

  1. Hukum Compounding

Jika Anda mempublikasikan hal yang menakjubkan, konten yang berkualitas, dan bekerja untuk membangun audiens online menjadi followers yang berkualitas, maka mereka akan berbagi dengan audiens mereka sendiri di Twitter, Facebook, LinkedIn, bahkan pada blog mereka sendiri. Berbagi dan mendiskusikan konten Anda dapat membuka pintu masuk baru untuk mesin pencari seperti Google. Poin ini dapat menumbuhkan hingga ratusan atau ribuan cara yang potensial bagi audiens untuk menemukan Anda secara online.

  1. Hukum Influencer

Habiskan waktu untuk mencari influencer secara online yang memiliki penonton berkualitas dan cenderung tertarik pada produk atau layanan bisnis Anda.  Terhubunglah dengan para influencer dan berkerjasama untuk membangun hubungan dengan audiens.

  1. Hukum Nilai

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu di web sosial untuk melakukan promosi produk atau jasa secara langsung, maka audiens akan berhenti mendengarkan Anda. Anda harus menambahkan nilai berharga dalam percakapan. Kurangi fokus pada konversi dan lebih fokus membuat konten yang luar biasa serta mengembangkan hubungan dengan para influencer online. Selanjutnya, Anda akan melihat audiens membicarakan bisnis Anda dengan baik dan sukses.

  1. Hukum Aksesibilitas

Jangan mempublikasikan sebuah konten namun kemudian menghilang. Tetaplah tersedia untuk audiens Anda. itu berarti, Anda perlu konsisten dalam mempublikasikan konten dan berpartisipasi dalam percakapan. Followers online dapat berubah-ubah dan mereka tidak akan ragu-ragu untuk berhenti mengikuti Anda jika Anda menghilang selama beberapa minggu atau bulan.

  1. Hukum Timbal Balik

Anda tidak bisa mengharapkan orang lain untuk berbagi konten dan berbicara tentang bisnis Anda jika Anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian waktu yang Anda habiskan di sosial media harus difokuskan untuk berbagi dan berbicara tentang konten yang dipublikasikan oleh orang lain.

  1. Hukum Pengakuan

Membangun hubungan adalah salah satu bagian penting dari keberhasilan pemasaran di sosial media. Untuk itu, Anda perlu mengakui kehadiran dari setiap orang yang menjangkau bisnis Anda. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai dan terlibat dalam bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *