10 Aturan Memanfaatkan Media Sosial untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

1

Gunakan panduan ini untuk memanfaatkan kekuatan media sosial.

Ada rumus yang jelas dan tentunya berbeda untuk berhasil di media sosial. Ada pedoman yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan kekuatan yang melekat pada platform transformatif ini untuk mendapatkan kata kuncinya. Tidak peduli siapa atau di mana Anda berasal, Anda bisa memanfaatkan kekuatan media sosial untuk berkembang atau membangun bisnis Anda.

Apakah Anda seorang yang terbiasa dengan sosial, atau Anda seseorang yang takut untuk berkomunikasi di ruang publik? Ada beberapa aturan yang inheren untuk diikuti ketika hadir di media sosial. Tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan keterampilan media sosial dengan mengembangkan aspek penggemar dan pengikut, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memanfaatkan pengaruh untuk mengembangkan jangkauan bisnis Anda dalam setiap industri atau niche.

Alex Jimenez pendiri akun Instagram yang populer @theyachtguy membeberkan rahasia yang  digunakan untuk mengumpulkan hampir 800.000 pengikut pada beberapa tahun secara singkat. Tidak terjadi dalam semalam tetapi membawa sejumlah besar pekerjaan, komentar, menyukai dan kolaborasi dengan lainnya. Dia menghabiskan banyak tahun-tahun sebelumnya dengan obsesi pada kapal pesiar, membangun sebuah arsip foto-foto terbaik yacht dengan bukti bahwa ia bisa memiliki penemuan. Anda mungkin berpendapat dia memegang Law of Attraction untuk akhirnya mewujudkan kehidupan impiannya atau Anda bisa menyebutnya sebagai kerja keras dan upaya menuju satu tujuan.

Pada setiap jalan, obsesi membawanya dari tahun ke tahun, tetapi dia sekarang menikmati hasil kerjanya dengan bisa berjalan ke seluruh dunia mempromosikan kapal pesiar dan di mana pun brand premium. Bagi sebagian besar, dia menjadi sebuah ikon dari industri pelayaran dengan pemilik kapal pesiar paling makmur di dunia dan industri kelas berat mengerumuninya untuk meminta bantuan melalui media sosial. Berikut adalah beberapa aturan yang dibahas dalam bagaimana Alex Jimenez melakukannya.

  1. Ketahui pasar Anda.

Aturan pertama untuk mengembangkan bisnis Anda melalui kekuatan media sosial adalah mengetahui pasar Anda. Semakin jelas Anda memiliki target demografis Anda, semakin baik Anda bisa menarik pelanggan Anda. Semakin sedikit Anda mengetahui target demografis, semakin kecil kemungkinan Anda akan bisa berhasil melalui media sosial.

  1. Mengembangkan strategi.

Membangun profil media sosial yang populer membutuhkan kerja keras dan perencanaan. Untuk mencapai tujuan apa pun, Anda perlu membuat rencana yang kuat. Mengembangkan strategi Anda pada cara untuk mendapatkan Poin A ke Poin B. Apakah Anda akan menggunakan iklan? influencer? kekuasaan pengguna? Apa jenis konten yang akan Anda posting? Seberapa sering Anda akan memposting? dan seterusnya.

  1. Fokus pada kualitas daripada kuantitas postingan.

Tujuannya bukan tentang membombardir pengguna dengan postingan. Bukan tentang kuantitas tetapi tentang kualitas tulisan. Pastikan bahwa postingan ditargetkan untuk pasar Anda dan setiap dari mereka menyampaikan pesan penting atau tampilan yang unik dari sesuatu yang relevan dengan demografi. Tentu akan membantu Anda untuk mendapatkan yang banyak traksi sementara dan menambahkan pengikut lebih.

  1. Buatlah nilai yang nyata.

Media sosial adalah sepenuhnya tentang menciptakan nilai. Apa jenis nilai yang postingan Anda bawakan? Apakah inspirasional atau mengajarkan dalam beberapa cara? Apakah membantu memotivasi orang lain di luar sana untuk mencapai gaya hidup tertentu?

  1. Ikutilah akun profil yang tinggi.

Semua influencer Instagram memulai dengan mengikuti akun profil tinggi lainnya. Hal ini akan menciptakan bit pertama untuk visibilitas mereka. Hal ini juga membantu mereka untuk mengukur apa yang bekerja untuk mereka yang sudah mencapai usaha maksimalnya.

  1. Komentar, berbagi dan seringnya disukai.

Siapapun yang serius memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis perlu memahami bahwa mereka harus memberikan sebelum mendapatkan sesuatu. Seperti komentar dan berbagi postingan orang lain setiap hari, lalu mengembangkan hubungan dengan orang-orang dari waktu ke waktu. Ini tidak akan terjadi dalam semalam. Jika Anda tidak memberi orang waktu, Anda tidak bisa mengharapkan mereka untuk melakukan hal yang sama untuk Anda.

  1. Memanfaatkan kekuatan influencer lainnya.

Influencer dan kekuasa pengguna bisa membuka pintu gerbang ke perhatian massa. Jika Anda memiliki hak jenis profil yang sinkron dengan basis pengikut influencer, Anda mungkin hanya mendapatkan hak jenis pengikut sendiri. Banyak bisnis dan pendatang baru menggunakan pendekatan ini untuk membantu memperluas jangkauan mereka sejak awal. Jika Anda memiliki anggaran, Anda mungkin mempertimbangkan hal ini ini, tetapi pastikanlah Anda memiliki konten yang menarik pada profil.

  1. Jaringan, jaringan, jaringan.

Puia Shamsossadati pendiri @thisisamans.world telah mengumpulkan lebih dari 2 juta pengikut, dengan menghabiskan waktu banyak pada jaringannya dengan orang lain. Dia meluncurkan sebuah perusahaan bernama Golden Concept murni melalui Instagram menghabiskan kurang dari satu dolar melalui pemasaran tradisional. Perusahaan yang menciptakan high-end iPhone mencakupnya, mencapai daya tarik massa ketika Shamsossadati berkolaborasi dengan beberapa Instagramers paling populer dengan mengirimkan courtesy phone. Mengetahui bahwa mereka akan muncul dalam feed mereka yang memungkinkan untuk mempromosikan bisnis hampir tanpa biaya .

  1. Jangan selalu mempromosikan.

Bukan tentang selalu mempromosikan. Jika Anda ingin memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda harus menghabiskan banyak waktu dengan memberikannya nilai. Apakah itu nilai inspiratif, nilai motivasi atau nilai hiburan. Jangan selalu mencoba untuk menjual sesuatu pada orang lain di setiap suduh dan berubah-ubah, sebaliknya Anda mungkin membuat mereka tetap dengan Anda.

  1. Buatlah kemudahan bagi orang untuk membelinya.

Fokus pada ponsel jika Anda ingin mendominasi media sosial. Membuat link di profil Anda, pastikan bahwa situs Anda memiliki desain responsif yang lancar dan buatlah secara sederhana untuk membelinya. Pastikan bahwa proses pembelian secara baik untuk perangkat ponsel sehingga orang dengan cara sederhana dan mudah bisa membeli apa pun yang Anda tawarkan. Semakin mudah Anda membuat untuk mereka membelinya, semakin besar kemungkinan Anda akan meraih penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *